Copyright © 2016 Universitas Hein Namotemo - All right reserved

Developed by Biro Administrasi Data dan Teknologi Informasi

Best Viewed in Mozilla Firefox and Opera (1024 x 768 pixels)

Beranda
Kontak kami

Kuliah Umum Dr. Christopher R. Duncan

duncan.jpg

Jumat (4/11/2016)

Bertempat di Aula Universitas Hein Namotemo pada 12 Agustus 2016 berlangsung Kuliah Umum dengan topik Kebudayan Asli Masyarakat Halmahera  yang dibawakan oleh Dr. Christopher R. Duncan. Pada kesempatan tersebut Duncan yang juga merupakan Associate Professor of Anthropology dari Universitas Rutgers  - Newark menjelaskan berbagai aspek terkait dengan Kebudayaan Halmahera dan bagaimana budaya orang Halmahera tersebut berhasil untuk mempertemukan pihak-pihak yang berkonflik.

Hadir dalam kesempatan kuliah umum tersebut selain Sivitas Akademika Unhena, juga hadir tokoh agama dan masyarakat adat. Pemaparan tentang kemampuan Kebudayaan asli orang Halmahera telah juga memberikan kesadaran yang lebih mendalam bagi Sivitas Akademika Unhena.  Unhena yang sejak upaya pendiriannya telah meletakan nilai-nilai dasar pada semangat budaya asli orang Halmahera dengan prinsip hidup Hibualamo yakni keterbukaan pada setiap perbedaan untuk saling mendukung menuju tujuan hidup bersama.

Sebagai tindak lanjut dari kuliah umum tersebut, Pengurus YHNI bersama pimpinan Unhena kemudian mengambil langkah bersama untuk melestarikan adat melalui penerapan penggunaan pakaian adat pada setiap hari senin. Kebijakan ini dimaksudkan untuk memberikan kesadaran dan kebanggan terhadap adat istiadat yang dimiliki oleh bangsa Indonesia umumnya dan masyarakat Halmahera khususnya.